Kamis, 01 Desember 2011

Peran Budaya terhadap penegakan Hukum di Negara Indonesia.


Peran budaya terhadap penegakan hukum di indonesia sejauh ini menurut saya belum banyak memiliki pengaruh yang sangat besar bagi begitu banyaknya Rakyat Indonesia yang haus akan ketegakkan Hukum di negara demokrasi ini.

Beragam macam budaya yang ada di Indonesia tidak dapat membuat hukum yang ada di Indonesia dapat ter realisasikan bagi sebagian besar rakyat –rakyat indonesia yang berlatar belakang tidak memiliki pendidikan tinggi yang mengerti akan hukum yang tertulis dalam undang-undang dasar ’45.

Seharusnya semua hukum yang tertulis di dalam UUD ’45 itu dapat kita rasakan, agar kita merasa benar-benar sebagai Rakyat Indonesia yang bukan hanya harus mematuhi segala bentuk Hukum yang ada, namun kita juga dapat merasakan dampak positif dari UU tersebut.

Namun di beberapa suku yang ada di indonesia, yang dimana suku tersebut masih memegang teguh hukum yang ada dari para Leluhur mereka, hukum yang tertulis di dalam UU itu sangatlah tidak berarti, karena bagaimanapun sistem budaya yang ada di suku tersebut masih sangatlah sakral dan tidak dapat tergantikan oleh UU yang berlaku bagi sebagian rakyat modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar